Penyebab Terjadinya Pembengkakan Penyakit Kelenjar Getah Bening

Penyebab Terjadinya Pembengkakan Penyakit Kelenjar Getah Bening,Banyak kondisi yang dapat menyebabkan dan mempengaruhi terjadinya penyakit pembengkakan kelenjar getah bening ini, salah satunya adalah infeksi lokal atau infeksi di sekitar kelenjar yang bengkak. Infeksi sejenis ini biasanya bersifat tidak menyebar ke bagian tubuh lain namun bila dibiarkan akan mengakibatkan pembesaran. Kelenjar yang membengkak di area tersebut akan terasa lunak dan bisa terasa sakit,panas atau bisa juga nyeri. Contoh umum infeksi meliputi infeksi telinga, abses gigi, pilek, radang pita suara, radang amandel, dan infeksi kulit selulitis.

Selain infeksi lokal, pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh infeksi virus, misalnya campak dan demam kelenjar. Rubella adalah virus yang menyebabkan campak Jerman. Rubella biasanya menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher, kepala, dan belakang telinga. Sedangkan untuk kondisi demam kelenjar, biasanya pembengkakan terjadi pada daerah sekitar leher,dibawah telinga dan dibelakang leher.

Penyebab Terjadinya Pembengkakan Penyakit Kelenjar Getah Bening


Ada beberapa penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang tergolong jarang, diantaranya:
  •     Rematoid artritis, sama seperti penyakit lupus, namun pada kondisi ini yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh hanyalah jaringan yang melapisi sendi. Akibatnya penderita menjadi sulit bergerak dan mengalami gangguan pada tulang dan tulang rawan.
  •     Campak, yaitu kondisi yang menyebabkan kulit penderitanya bermunculan bintik-bintik khas berwarna merah atau cokelat.
  •     Penyakit lupus, yaitu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang sendi, organ, kulit, dan sel darah sehingga penderitanya mengalami nyeri, rasa lelah, dan ruam pada kulit.

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang tergolong mematikan

Ada kalanya ketika benjolan itu bukanlah pembengkakan kelenjar getah bening yang biasa, tapi merupakan tanda perkembangan atau penyebaran kanker dari jaringan organ ke kelenjar getah bening. Tanda-tanda  kanker sebagai penyebab suatu pembengkakan adalah:
  •     Benjolan yang tidak menimbulkan rasa sakit dan terasa keras saat disentuh.
  •     Benjolan bertumbuh makin besar secara perlahan-lahan.

Selain kanker, kondisi berbahaya yang juga menyebabkan pembengkakan kelenjar adalah infeksi darah. Penderita infeksi darah akan terlihat sangat sakit dan lemas. Mereka juga akan mengalami demam yang memburuk disertai tubuh yang menggigil. Infeksi darah disebabkan oleh bakteri dan penderita akan membutuhkan perawatan di rumah sakit secepatnya.

Postingan populer dari blog ini

Bekas Jahitan Operasi Caesar Terasa Perih

Rahasia Ampuh Memuluskan Wajah Yang Berlubang

Cara Ampuh Mengobati Dan Menghilangkan Varises Pada Testis